Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ANALISIS PRODUK DAN PELAYANAN

Produksi Barang dan Jasa

Secara umum,  menurut H. Djaslim Saladin, S.E, produk adalah sekelompok sifat yang berwujud dan tidak berwujud yang di dalamnya tercakup warna, harga, kemasan, prestise pabrik, prestise pengecer, dan pelayanan.

Yang diberikan konsumen dan pengecer yang dapat diterima konsumen sebagai kepuasan yang ditawarkan terhadap keinginan atau kebutuhan konsumen. 

LIHAT JUGA : Pelayanan Barang dan Jasa

A. Perencanaan Produk 

Perencanaan produk adalah proses menciptakan sebuah produk dan menindaklanjutinya sampai tersebut diperkenalkan ke pasaran. 

Kesuksesan ekonomi suatu perusahaan tergantung kepada kemampuannya untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, kemudian secara cepat menciptakan produk berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan biayai yang rendah. 

B. Pengelompokkan Produk

Secara garis besar, produk dapat dibagi menjadi beberapa aspek, seperti aspek daya tahan produk, tujuan dalam mengonsumsi produk, dan wujud produk.

1. Aspek daya tahan produk  

Berdasarkan daya tahannya,  produk yang kita temui dipasaran terbagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu barang tahan lama dan tidak tahan lama. 

Barang tahan lama adalah barang yang pemakaiannya digunakan dalam jangka waktu tahan yang lama, misalnya pakaian, pelaratan rumah tangga,  mainan anak-anak dan sebagainya. 

Sedangkan barang yang tidak tahan lama adalah jenis barang yang pemakamannya  hanya sebentar.

Contohnya : susu, minyak goreng, pasta gigi, dan sabun. 

2. Tujuan konsumsi produk

Berdasarkan tujuan konsumsinya, produk atau barang diklasifikasikan menjadi dua, yaitu barang industri dan barang konsumsi.

Secara umum yang dimaksud dengan barang industri adalah produk yang harus mengalami proses lebih lanjut agar digunakan oleh konsumen secara tepat guna. 

3. Wujud produk 

Berdasarkan wujudnya, produk dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu barang dan jasa. 

Barang merupakan suatu bentuk produk yang terbentuknya nyata, dapat dipegang, diraba, dan dilihat. Contoh: kompor gas, radio, mesin fotokopi, dan komputer. 

C. Sifat Produk 

Setiap barang pasti mempunyai sifat barang yang berbeda-beda. Sama halnya dengan sifat produk barang yang dijual oleh produsen pasti berbeda-beda pula. 



Adapun beberapa sifat atau karakteristik produk yang disukai konsumen di antaranya yaitu harga yang murah, perawatan mudah, serta awet dan tahan lama.

D. Tingkatan Produk 

Produk mempunyai lima tingkatan yang harus kita ketahui. Tingkatan - tingkatan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Produk potensial, Produk potensial adalah produk yang akan mengalami penambahan, perbaikan, dan perubahan di masa datang untuk lebih memuaskan konsumen. 

2. Produk pelengkap, Produk pelengkap adalah penambahan layanan,  manfaat, atau kegunaan pada sebuah produk sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.

3. Produk harapan, Produk harapan adalah suatu produk yang diharapkan dan disepakati untuk dibeli dengan berbagai atribut dan komisi tertentu. 

BACA JUGA : 


4. Produk generik, Produk generik adalah produk paling mendasar yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. 

5. Produk utama, Produk utama adalah produk yang Manfaatnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pelanggan dari setiap produk.

E.  Atribut Produk

Beberapa atribut produk yang menyertai dan melengkapi produk diantaranya sebagai berikut :

1. Kualitas produk, Kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya, yang meliputi daya tahan keandalan, ketetapan, kemudahan operasional dan perbaikan, serta atribut bernilai lainnya. 

2. Merek, Merek adalah suatu simbol, tanda, atau istilah yang berfungi untuk mengidentifikasi produk atau jasa yang satu dengan yang lainnya. 

3. Pengemasan, Pengemasan adalah aktivitas membungkus produk yang telah diproduksi oleh produsen dengan kemasan yang baik.