Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Investasi Untuk Pemula

Investasi suatu kegiatan mengelola uang agar mendapatkan keuntungan dimasa depan dengan cara mendirikan usaha, membeli properti, menyimpan emas, saham ataupun reksadana.

Caranya gampang hanya menyisihkan uang 100rb kita dapat berinvestasi dan kita bisa mendapatkan keuntungan. 

Tentu saja investasi ada berbagai macam jenis yaitu:

1. Saham

Saham adalah surat berharga atau tanda bukti  yang mencatat kepemilikan kita pada suatu perusahaan,  Saham diterbitkan saat suatu perusahaan mau mengumpulkan modal dari masyarakat. 

1 lot itu 100 lembar minimal kita harus beli 1 lot, pemilik saham juga berhak mendapatkan dividen (pembagian laba untuk pemegang saham) sesuai jumlah saham. 

LIHAT JUGA : 8 Jenis Warna Beserta Contohnya

Saham sama halnya kita membantu perusahan untuk memodalkan bisnisnya secara jangka panjang, Saham juga berubah-ubah harganya karena sesuai dengan kondisi perusahaan dan kondisi ekonomi.

Jenis saham yaitu saham biasa dan saham preferen. 

Keuntungan berinvestasi saham yaitu capital gain dan dividen dan kelemahannya adalah harga saham naik turun sehingga bisa terjadi rugi atau pun untung tiap harinya.

2. Emas

Emas merupakan suatu jenis investasi yeng terus berkembang, investasi emas ini merupakan jenis investasi yang paling aman karena merupakan aset nyata yang dalam jangka panjang nilainya selalu naik dan jarang mengalami penurunan secara signifikan.

Investasi emas ini juga sangat banyak peminantnya dan Investasi ini pasti tujuannya untuk masa depan karena makin lama  di investasikan semakin tinggi juga nilainya. 

Emas yang dijual dalam pasar yang berbentuk emas batangan dan perhiasan emas lainnya. 

Jika ditanya investasi ini memiliki resiko atau tidak, tentunya pasti ada yaitu kehilangan dan juga terkadang harga emas naik turun.

Tentu saja ada keuntungannya yaitu sangat gampang untuk dijual lagi jika keadaan sedang sulit dan juga bisa di gadaikan.

3. Properti

Properti adalah investasi bangunan ataupun tanah. 

Sama halnya dengan investasi lainnya dengan melibatkan pembeli dan penjual aset serta mengenai aset untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Keuntungan properti ini contohnya jika mempunyai uang 100 juta dan uang itu di investasikan di properti maka bisa memiliki aset 1 miliar dan juga jika harga aset naik 10% maka mendapatkan keuntungan kita dari modal sebesar 100% (leverage) dan yang terakhir Fluktuasi harga lebih rendah karena harganya tidak tertara atau sesuai dengan keyakinan.

BACA JUGA : 

Tentu ada resikonya  juga dalam berinvestasi properti yaitu properti tidak liquid atau harus mencari pembeli, harus memiliki penghasilan untuk cicilan, Harus mengeluarkan biaya perawatan dan juga biaya transaksi yang besar.

4. Deposito

Deposito adalah sebuah produk yang mirip dengan tabungan atau uang yang disimpan dalam rekening tetapi uang tidak dapat dicairkan karena hanya pada jangka waktu tertentu atau waktu sudah berakhir.

Bunga deposito >5% keuntungan investasi deposito yaitu relative sangat aman, bunga yang tinggi, sangat mudah dan cepat dan kelemahan deposito yaitu memiliki keuntungan yang kecil dan pajak yang begitu besar (20%).

5. Reksadana

Reksadana merupakan produk keuangan dimana para investor mengumpulkan dana menjadi satu kemudian diserahkan oleh manager investasi untuk di investasikan ke berbagai keuangan lain misalnya saham, obligasi, dan pasar uang. 

Ada berbagai macam jenis reksadana ialah reksadana pasar uang, Reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, reksadana campuran.

Keuntungan reksadana adalah ada manager investasi, reksadana bisa dibeli eceran atau kita dapat beli reksadana dengan uang yang relatif kecil, liquid (bisa dijual kapan saja) dan Kelemahannya adalah fee untuk manager investasi dan kinerja buruk.

Itulah 5 Jenis Investasi yang cocok untuk pemula dan dapat kamu pilih untuk memperoleh keuntungan dimasa depan.