Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modal Pengelolaan Kegiatan atau Event

Event dapat didefinisikan sebagai sebuah rangkaian kegiatan/acara dalam rangka tujuan tertentu yang diadakan oleh pihak tertentu dalam waktu tertentu dan tempat tertentu dengan biaya tertentu. 

TUJUAN DAN FUNGSI EVENT 

Tujuan diselenggarakannya event diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Pengenalan (awareness) mendapat dukungan publik atau media pers dan meningkatkan pengetahuan (knowledge) terhadap lembaga/perusahaan dan produk yang ditampilkan.

LIHAT JUGA : Cara Live Instagram Terbaru

b. Suatu proses publikasi melalui komunikasi timbal balik yang pada akhirnya akan memperoleh publisitas yang positif.

Sedangkan fungsi event adalah sebagai berikut :

a. Memberikan perhatian khusus secara langsung secara tatap muka (face to face) dan mendapatkan hubungan timbal balik yang positif dengan publiknya melalui program kerja atau acara khusus yang sengaja dirancang dan dikaitkan dengan event.

b. Dapat sebagai media komunikasi dan sekaligus untuk mendapatkan publikasi dan akhirnya media massa atau publik sebagai target sasarannya akan memperoleh pengenalan, pengetahuan, pengertian yang mendalam dan diharapkan dari acara khusus tersebut dapat menciptakan citra positif terhadap perusahaan atau lembaga/produk yang diwakilinya.

PRINSIP -PRINSIP DALAM MENYELENGGARAKAN EVENT 

1. Perencanaan
2. Maksud dan Tujuan
3. Anggaran
4. Pengawasan

JENIS-JENIS EVENT 

1. Gathering

Gathering adalah sebuah kegiatan untuk keluarga besar, komunitas ataupun perusahaan yang dirancang untuk mendapatkan refreshing bersama dalam waktu tertentu dalam satu lokasi baik di dalam ruangan (indoor) ataupun di luar ruangan (outdoor) guna mempererat kekerabatan, kekeluargaan serta tali silaturahmi.

2. Anniversary

Anniversary itu adalah Ulang Tahun atau peringatan tahunan, misalnya buat ngucapin peringatan ulang tahun lembaga, ulang tahun kelahiran, peringatan hari pernikahan, dan sebagainya.

3. In-house Training

In house training adalah pelatihan SDM atau pelatihan karyawan yang pelaksanaannya berdasarkan permintaan oleh instansi yang memperoleh layanan/klien, sehingga semua pesertanya berasal dari satu instansi yang sama.

BACA JUGA : 

4. Promo dan Launching Product

Promo atau promosi adalah untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengonsumsinya.

5. Exhibition (Pameran)

Exhibition/pameran atau bahasa trendnya expo adalah sebuah event yang mempunyai tujuan mendekatkan produk secara langsung kepada calon konsumen.

EVENT ORGANIZER 

1. Pengertian Event Organizer

Event Organizer adalah bisnis yang menerapkan konsep manajemen secara berkesinambungan dan konsisten dalam mengeksplorasi dunia entertainment sedalam-dalamnya.

2. Macam-Macam Event Organizer

  • Di bidang olahraga
  • Di bidang seni
  • Di bidang topik bicara
  • Di bidang pameran
  • Bersifat pribadi

3. Klasifikasi Event Organizer

  • EO Spesialisasi Kontraktor

Pada EO Spesialisasi kontraktor ini khusus melayani keperluan perusahaan atau instansi yang akan punya hajat.

  • EO Spesialis Program

Pada EO spesialis program ini mengandalkan sebagian besar hidupnya melalui program/konsep event yang mereka buat untuk dijual kepada sponsor.

4. Cara Kerja Event Organizer (EO)

  • Penyandang Dana
Penyandang dana ini berupa sponsor atau instansi/perusahaan yang mempunyai ‘hajat’ dalam istilah sederhana adalah pihak yang mengeluarkan dana untuk pelaksanaan suatu program.
  • Pelaksana
Pelaksana harus bekerja keras untuk mewujudkan impian dan kepuasan semua pihak.
  • Penampil
Semua jenis program sangat tergantung pada para penampilannya.
  • Penonton
Program event yang diselenggarakan, faktor kehadiran penonton/tamu akan menjadi sangat penting.
  • Pengamat
Pengamat biasanya dari kalangan pers, atau justru kawan-kawan kita sendiri, atau siapapun yang memperoleh informasi tentang event yang kita laksanakan.