Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 IDE BISNIS MILENIAL TANPA MODAL

Berbisnis saat ini memang sudah banyak digeluti banyak orang, hal ini karena mereka menginginkan pendapatan tambahan dari bisnis yang mereka jalani.

Bahkan Sebagian dari kita terkadang selalu merasa kurang dengan pendapatan yang kita dapatkan dari kantor. Maka untuk menambah penghasilan, tentu cara efektif adalah dengan berbisnis.

Mencari peluang bisnis tentu bukan hal yang sulit namun ada banyak peluang yang bisa digali dari berbagai sumber, Baik dari lingkungan terdekat maupun dengan mencarinya di internet seperti anda saat ini.

Akibatnya persaingan yang ada menjadi sangat ketat, apalagi jika kita tidak berpengalaman dalam berbisnis atau modal yang dimiliki sangat terbatas.

1. DROPSHIPPER

Secara sederhananya dropshipper hampir mirip seperti bisnis reseller yang mungkin sudah anda ketahui, namun berbeda dengan reseller.

Pada dropshipper, pihak penjual tidak menstok barang/produk serta tidak diikutsertakan dalam proses pengiriman kepada pemesan.

Lebih tepatnya hanya membantu memasarkan produk dan si penjual akan meneruskan pesanan dari pihak pembeli ke pihak supplier-nya kemudian pihak supplier yang akan mengirimkan produk kepada pembeli mengatasnamakan si penjual.

 

Menariknya menjadi dropshipper ini adalah anda tidak perlu memerlukan modal yang cukup besar, hanya modal internet yang stabil dan koneksi atau relasi dengan pihak supllier-nya dan tentunya anda perlu media untuk promosi barang jualan anda.

Salah satu tantangan dari bisnis ini adalah mencari supllier atau produsennya untuk dapat menjual produk kedepannya.

Karena produk yang akan kita pasarkan tidak melalui tangan kita sendiri, maka dari itu harus memastikan bahwa supplier bisa mengelola pengepakan dan pengiriman dengan baik dan aman.

2. DESAIN GRAFIS

Selayaknya fotografer dan videografer, jasa desain grafis juga sering dibutuhkan dalam berbagai bidang, hasil pekerjaannya pun tidak hanya digunakan untuk media cetak, tetapi juga digital.

Orang-orang yang bekerja atau melakukan pekerjaannya dibidang desain grafis umumnya memiliki latar belakang komunikasi visual.

BACA JUGA: 

Akan tetapi, tidak sedikit juga yang memulainya dari belajar secara otodidak. kamupun bisa menjadi salah satu diantara mereka.

Lalu jangan pernah berputus asa ketika kamu belum mampu melakukan pemasaran hasil karyamu karena dana yang tidak memadai.

Saat ini banyak platform atau marketplace yang menjual belikan hasil karya yang kamu buat sendiri seperti freelancer.com dan masih banyak lagi.

3. INFLUENCER

Bisnis yang satu ini sangat cocok dilakukn untuk kamu yang sering berkecimpung di media sosial. Pada dasarnya influencer adalah seseorang yang memberikan pengaruh di masyarakat.

Sama seperti selebritis, influencer merupakan bloger, youtuber ataupun seorang public figure yang dianggap penting di komunitas tertentu.

Umumnya seorang influencer memiliki jutaan pengikut (follower) di media sosial dan aktif dalam bermedia sosial untuk membagikan setiap kegiatannya.

Dengan daya tarik tersebut, banyak para pebisnis yang menggait influencer untuk memasarkan produk atau jasa mereka, oleh karena itu banyak figur brpengaruh yang dapat memiliki penghasilan di media sosial.

Jika kamu berminat menjadi influencer maka kamu harus membuat self-branding (membuat citra diri yang unik) namun jangan sampai menghilangkan jati dirimu, sebaliknya tunjukanlah hobby mu dan yang pasti harus rajin membuat konten.

4. BLOGER

Disadari atau tidak, menjadi bloger (penulis) tengah ngetrend dalam lima tahun terakhir ini, oleh karena itu ngeblog dapat kamu jadikan sebagai pekerjaan sambilan untuk menambah penghasilan, apalagi kamu sangat hobi dalam menulis.

Jangan salah sangka dulu, ngeblog bukan sekedar kegiatan untuk menyalurkan minat semata tetapi juga dapat menjadi mata pencarian baru.

Lihat Juga : Cara Terbaru Mendaftar Akun Dana

Pondasi untuk mendapatkan penghasilan di situs blog yaitu tulisan berkualitas, konsisten dan tentunya tidak menggunakan artikel orang lain (Copy Paste).

Cobalah menulis tulisan sesuai dengan pekerjaan atau hobi kamu saat ini contoh hobby mu adalah memelihara binatang, maka tulisah yang kamu ketahui tentang binatang yang kamu pelihara.

 5. BERJUALAN ONLINE

E-commerce saat ini sangat ngetrend baik di kalangan dewasa maupun orang tua, sangat banyak situs online yang dapat menjadi pilihan kamu untuk memasarkan produk jualanmu.

Barang-barang seperti pakaian, tas, sepatu, akesoris, elektronik bahkan makanan dan minuman dapat kamu jual hanya dengan menggunakan situs online.

Sebagai pemula, pastinya kamu belum memiliki banyak pengalaman untuk berjualan online, namun kamu dapat mempelajarinya secara otodidak baik membaca artikel ataubun melihat tayangan yang ada di youtube.

Itulah beberapa ide bisnis yang entunya salah satu ide bisnis diatas dapat kamu lakukan jika ada kemauan dalam dirimu. Semoga ide bisnis diatas dapat menjadi ide kamu untuk memulai bisnis yang cukup meyakinkan.

Sekian penjelasan dari kami semoga bermanfaat dan nantikan artikel lainnya atau bisa juga kalian cek di chanel YOUTUBE kami dengan nama yang sama yaitu ARWTUTOR.