Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Akun Gmail di HP (Android)

Perkembangan teknologi saat ini memaksa kita sebagai para penggunanya untuk memahami apa itu email.

Apalagi saat ini email juga sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok jika kita menggunakan perangkat pintar seperti smartphone.

Email sudah menjadi kebutuhan pokok hampir disegala aspek kehidupan, mulai dari pendaftaran akun media sosial sampai dengan penggunaan layanan yang dimiliki fitur pada handphone (HP)

Hingga pendaftaran ke sebuah organisasi atau pekerjaan juga perlu menggunakan email atau yang sekarang di kenal juga dengan sebutan Email (Elektronik Mail).

Elektronik Mail atau EMAIL adalah layanan mengirim atau menerima pesan jarak jauh maupun dekat melalui internet secara online dalam bentuk teks, foto, dokumen atau video

Buat kamu yang belum mempunyai akun email tidak perlu khawatir, karena di video ini kita akan sama-sama membuat email melalui smartphone yang kamu pakai saat ini.

Tentu saja kedepannya akun email ini akan sangat bermanfaat buat kamu baik untuk penggunaan pribadi maupun untuk kebutuhan kerja nantinya.

LANGKAH MEMBUAT EMAIL MELALUI HP ANDROID

Membuat email bukan hanya untuk diri sendiri loh, untuk perusahaan juga bisa. dibawah ini kita akan menjelaskan bagaimana cara membuat email sendiri melalui HP atau smarphone yang kamu punya.

Langkah pertama tentunya pastikan internet kamu lancar yaa...

1. Buka Aplikasi Gmail yang ada di androidmu, lalu klik "+" untuk menambahkan akun email baru

2. Pilih tulisan Google pada menu set up (Siapkan email) Seperti dibawah ini,

3. Pilih menu buat akun, dan pilih untuk diri sendiri jika kamu membuat akun email untuk dirimu sendiri, sedangkan jika membuat emailnya untuk perusahaan atau bisnis maka pilih bagian Untuk mengelola bisnis saya.

4. Kemudian siapkan nama depan dan nama belakang yang akan kamu gunakan untuk membuat gmail Contohnya Nama depan Alam nama belakang Lusvi.

5. Maka setelah itu kamu juga harus melengkapi tanggal, bulan, dan tahun lahir kamu, serta gender (jenis kelamin) untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

6. Pada menu ini biasanya akan menampilkan rekomendasi nama gmail yang belum pernah dipakai orang lain untuk membuat gmail seperti yang kamu lihat pada gambar dibawah.

Selain itu kamu juga bisa membuat nama gmail sendiri dengan mengeklik "Buat alamat Gmail sendiri".

Download Gmail Disini

Jika nama gmail yang kamu tulis sudah pernah ada yang menggunakan maka secara otomatis google akan menolaknya, biasanya untuk kasus tersebut akan muncul tulisan "That username is taken. Try another" Kamupun bisa mengakalinya dengan menggunakan tambahan angka.

Namun jika masih tidak bisa sebaiknya ganti nama lain saja maka stelah berhasil secara otomatis kamu akan langsung berhasil dan dapat melanjutkan ke tahap terakhir yaitu membuat pasword untuk gmail barumu.

Baca Juga :  

7. Menu terakhir adalah membuat password untuk gmail mu serta pastikan kamu mencatat password gmail kamu agar tidak lupa pada saat nanti kamu akan gunakan.

Nama gmail yang kamu pilih atau yang kamu tulis sendiri dan pasword harus kamu ingat atau bila perlu kamu harus mencatatnya untuk keperluan login nantinya.

Membuat password untuk gmail harus yang sedikit rumit namun mudah diingat, dan jangan sampai orang lain mengetahuinya.

Syarat membuat pasword gmail yang tertulis minimal 8 karakter, harus menggunakan huruf, angka dan simbol Contoh Pasword : Youtuberterkenal20

Setelah kamu mempunyai akun gmail, kamu akan semakin mudah terhubung dengan youtube, google, play store dan aplikasi lain yang terhubung dengan Google Seperti Google Classroom, Blogger, dan lainnya

Dengan adanya Google Mail (Gmail) tentunya dapat memudahkanmu untuk membuat akun yang diharuskan menggunakan Email sebagai syarat pembuatannya seperti berbagai akun media sosial, jasa transportasi, sampai dengan akun bank atau aplikasi penampung uang online.

Sekian penjelasan dari kami semoga bermanfaat dan nantikan artikel lainnya atau bisa juga kalian cek di chanel YOUTUBE kami dengan nama yang sama yaitu ARWTUTOR.