Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menganalisis Lingkungan Bisnis Eksternal Mikro

Pada dasarnya, lingkungan tersebut berpengaruh secara langsung atau tidak langsung kepada perusahaan sehingga perusahaan harus sangat memperhatikan lingkungan bisnisnya. 

Misalnya lingkungan eksternal mikro seperti kondisi ekonomi perlu diperhatikan ketika akan membuat produk baru karena kondisi ekonomi ini akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. 

Bisa saja terjadi karena tidak memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat, produk yang dihasilkan perusahaan tidak terjual dengan baik karena mungkin terlalu mahal, sementara daya beli masyarakat sedang turun.

LIHAT JUGA : Cara Mengirim Pesan Menggunakan Email

Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan dalam bisnis yang mempengaruhi banyak pengaruh langsung terhadap bisnis.

Lingkungan mikro khusus ini yang termasuk di dalamnya adalah sebagai berikut :

1. Pesaing (Competitor)

Pesaing adalah perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang atau jasa yang sejenis, yang dipasarkan dalam pasar yang sama dengan menawarkan barang/jasa sejenis atau barang pengganti (subtitusi). 

Manajemen perusahaan harus teliti dalam menghadapi pesaing dan harus mempunyai strategi pemasaran yang handal

Apabila sedikit lengah kemungkinan pesaing itu akan mempersempit atau menutup pasar bagi perusahaan.

Sehingga akan terjadi persaingan monopoli yaitu suatu pasar di mana hanya ada satu penjual untuk suatu jenis barang tertentu.

2. Pemasok (Supplier)

Pemasok adalah pihak rekanan yang memberikan pasokan berupa barang dagangan atau barang-barang produksi seperti bahan baku/bahan mentah, tenaga kerja, serta alat-alat produksi yang diperlukan perusahaan dalam rangka untuk mengembangkan kegiatan usahanya.

3. Pialang (Brokers)

Pialang adalah organisasi-organisasi atau badan atau orang yang membantu perusahaan dalam mencari barang yang dibutuhkan oleh perusahaan atau membantu perusahaan untuk menjual barang hasil produksi/barang dagangan.

4. Teknologi

Teknologi telah menghasilkan berbagai kemajuan dalam kehidupan manusia.

Apabila perusahaan ingin meraih kesuksesan maka perusahaan tersebut harus membangun kekuatan teknologi atau minimal tidak ketinggian dari pesaingnya.

5. Pasar

Perilaku pasar dan bentuk-bentuk pasar yang tampak dalam masyarakat adalah sesuatu yang harus dipelajari dengan seksama oleh perusahaan. 

6. Perusahaan

Perusahaan terdiri dari beberapa unit organisasi atau kelompok atau divisi, seperti manajemen puncak, divisi keuangan, riset dan pengembangan, pembelian, operasi dan akuntansi. 

Manajemen puncak menetapkan misi perusahaan, tujuan, strategi secara luas dan kebijakan.

7. Pelanggan

Pelanggan adalah mereka yang melakukan pembelian yang berulangkali, bahkan bisa dikatakan pembeli tetap. 

Pelanggan ini bisa dikatakan pasar konsumen, yang terdiri dari perorangan dan keluarga yang membeli barang atau jasa untuk dikonsumsi sendiri.

BACA JUGA : 

Pasar produsen biasanya membeli barang untuk diproses lebih lanjut, sementara pasar penjual perantara membeli barang dan jasa untuk dijual lagi demi mendapatkan laba.

Pasar pemerintah terdiri dari badan-badan pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk pelayanan masyarakat (public service) dalam rangka kesejahteraan umum (welfare state).

8. Masyarakat

Masyarakat adalah kelompok yang mempunyai potensi kepentingan atau kepentingan nyata, atau pengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya.

Dalam mengidentifikasi masyarakat ada tujuh tipe, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Masyarakat keuangan mempengaruhi perusahaan untuk mendapatkan dana bank, rumah investasi, dan pemegang saham.
  2. Masyarakat media membawa berita, fitur, dan opini editorial. Masyarakat media meliputi surat kabar, majalah, dan stasiun radio, serta televisi.
  3. Masyarakat pemerintah
  4. Masyarakat lembaga swadaya masyarakat departemen hubungan masyarakat dapat membantu perusahaan tersebut tetap berhubungan dengan konsumen dan kelompok LSM.
  5. Masyarakat lokal meliputi penduduk dan organisasi komunitas.
  6. Masyarakat umum citra publik perusahaan mempengaruhi pembelian masyarakat.
  7. Masyarakat internal meliputi pekerja, manajer, sukarelawan, dan dewan direksi.