Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Pesan Menggunakan Email

Zaman yang semakin canggih membuat semua kegiatan bekerja, belajar, dan lainnya harus diselesaikan dengan cepat dan singkat.

Apalagi untuk pekerjaan yang dahulu sulit diselesaikan akibat jarak yang berjauhan dan membutuhkan waktu yang lama karena jarak tersebut.

Seperti pada saat mengirim surat yang pada awalnya dilakukan selama beberapa hari bahkan bisa mencapai bulanan kini dengan adanya teknologi hal tersebut dapat diselesaikan dengan cepat.

Email merupakan singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia dan dapat juga disebut sebagai Surat Elektronik yang merupakan salah satu sarana dalam mengirim surat melalui media internet.

Dengan adanya kemajuan teknologi cara mengirim email juga menjadi lebih mudah yaitu hanya dengan menggunakan Android tanpa perlu repot-repot mencari komputer atau laptop.

Penyedia jasa Email di Android sendiri sudah sangat banyak mulai dari Gmail atau Google Mail, Rocket Mail, Yahoo, Icloud, dan lain sebagainya.

Jika kalian belum mengetahui cara mengirim pesan email melalui Android atau HP maka langsung saja akan saya bahas tuntas pada artikel berikut ini.

1. MENGGUNAKAN APLIKASI EMAIL

Smartphone saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan aplikasi Email bawaan yang sudah terpasang di Hp pada saat awal membeli seperti Gmail.

Jika Smartphone kalian belum ada Gmail atau aplikasi untuk mengirim Email sebaiknya kamu download terlebih dahulu di Playstore untuk Android atau Appstrore untuk pengguna Apple.

Jika sudah ada maka langkah selanjutnya adalah membuka atau mengklik logo atau aplikasi tersebut kemudian Login menggunakan akun email yang telah kamu buat sebelumnya.

Kemudian masukkan alamat email jika sudah memilikinya dan masukan password untuk dapat terhubung dengan Email.


Jika belum ada akun Email sebaiknya membuat akun terlebih dahulu sesuai aplikasi yang kalian gunakan.

Setelah berhasil masuk pada halaman email akun anda, maka selanjutnya Cari "Tulis atau New Mail atau icon pensil" yang biasanya terletak pada pojok kanan atau kiri atas

Pada halaman kosong tersebut kalian bisa membuat pesan atau informasi yang ingin dikirimkan kepada penerima.

Pada bagian ini ada beberapa hal yang harus kalian isi seperti "Kepada" yang digunakan untuk alamat tujuan pengiriman pesan kalian dan "Subjek" dapat di isi di dengan judul informasi atau tujuan surat kalian.

Baca Juga :

Apabila kalian ingin menambahkan foto, video, dokumen, atau file lainnya kalian bisa mencari icon seperti peniti yang terdapat pada bagian bawah atau atas layar.

Setelah kalian cek dan siap untuk dikirimkan maka kalian bisa pilih icon seperti pesawat kertas atau seperti anak panah menunjuk kearah kanan untuk mengirimkan pesan tersebut.

Kalian tinggal menunggu sampai proses pengiriman selesai dan pesan yang sudah terkirim dapat kalian cek di kolom pesan terkirim untuk memastikan status pesan terkirim.

2. MENGGUNAKAN WEB BROWSER

Jika kalian tidak ingin mendownload platfrom tersebut kalian juga bisa menggunakan Web Browser kesukaan kalian seperti Google, Mozilla, Chrome, Internet Explorer, Opera Mini dan lain sebagainya.

Kemudian kalian buka halaman login pada halaman utama Web Browser kesayangan kalian dan tulis pada opsi pencarian "Login Gmail" jika kalian menggunakan Gmail.

Lihat Juga : Cara Terbaru Menjadi Youtuber Pemula

Maka secara otomatis kalian akan diarahkan ke halaman web Gmail tersebut, begitu pula jika kalian menggunakan Yahoo, Icloud, Rocket Mail, dan sebagainya.

Kemudian kalian bisa masuk dengan menggunakan nomer telephone atau alamat email yang sebelumnya kalian buat dan jangan lupa masukkan Password atau kata sandi.

Selanjutnya cara pengiriman dan pengisian tidak jauh berbeda dengan penjelasan diatas yang menggunakan aplikasi Email.

Sekian penjelasan dari kami semoga bermanfaat dan nantikan artikel lainnya atau bisa juga kalian cek di chanel YOUTUBE kami dengan nama yang sama yaitu ARWTUTOR.