Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Aplikasi Desain Grafis Untuk Komputer

Dilansir dari Wikipedia, penggunaan istilah desain bermula dari gambar teknik arsitektur serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya.

Dimana, pada dasarnya seni adalah suatu pola piker untuk membentuk ekspresi murni yang cenderung focus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi.

Desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik.

Tetapi juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pegertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, tetapi juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll. 

LIHAT JUGA : Cara Terbaru Mendaftar Akun Dana

Aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak computer yang memanfaatkan kemampuan computer langsung untuk melakukan suatu tugas yang di inginkan pengguna.

Berikut adalah aplikasi desain untuk computer:

1.  ADOBE ILLUSTRATOR    

Adobe Illustrator adalah suaru program editor grafis vector terkemuka, dikembangkan dan di pasarkan oleh Adobe Systems. 

Aplikasi ini rilis perdana pada tanggal 19 Maret 1987 sekitar 34 tahun lalu. AI adalah software editor grafis vector yang dapat kamu gunakan untuk membuat karya desain grafis seperti logo dan illustrasi.

Download Free Trial

2.  ADOBE PHOTOSHOP    

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe System yang di khususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.

Download Free Trial

Adobe Photoshop mulai dikembangkan pada tahun 1987 oleh dua orang bersaudar yaitu Thomas Knoll dan John Knoll, lalu menjadi bagian dari perusahaan Adobe pada tahun 1989. 

3.  CANVA  
 
Canva adalah platfom desain grafis yang di gunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen, dan konten visual lainnya.
 
Canva menjembatani penggunanya untuk dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online.
 
 
4.  INKSCAPE 

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vector yang bersifat perangkat lunak bebas bawah lisensi GNU GPL. 

Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CS.
 

5.  PAINTSHOP PRO  

Paintshop Pro dalah editor grafik raster dan vector untuk Microsoft Windows, software ini awalnya di terbitkan oleh jasc software dan hak distibusi ke paint shop pro.

Paintshop awalnya didistribusikan sebagai shareware dan masih tersedia di banyak situs unduhan.

Sebagian besar versi yang lebih baru hanya tersedia secara komersial meskipun beberapa telah didistribusikan di inggris raya dalam CD majalah computer setelah menjadi using.
 
 
6.  PIXLR 
 
Pixlr adalah editor foto yang cukup handal, gratis dan bisa diakses di manapun kita berada asalkan ada internet dan computer.

Fitur yang di tawarkan serta antarmukanya meniru photoshop, dan ukuran aplikasi web gratisan, pixlr ini sangat memuaskan dengan kata lain, pixlr adalah seperangkat alat dan utilitas pengeditan gambar berbasis cloud, termasuk sejumlah editor foto dan layanan berbagi foto.
 
 
7.  GIMP

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster.

BACA JUGA :
GIMP dapat di manfaatkan untuk membuat grafik dan logo, mengubah resolusi dan memotong foto, mengubah warna, menggabungjan berbagai macam gambar atau mengkonversi berbagai macam jenis berkas gambar.
 
8.  ADOBE INDESIGN 

Perangkat lunak desktop publishing yang di produksi oleh adobe system yang dapat di gunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku.
 
Indesign paling umum digunakan untuk layout buku kompleks, banyak penerbitan terkemuka menggunakannya untuk tata letak buku terbitannya.
 
Adobe Indesign tersedia hanya dengan berlangganan. Harganya S$27.62 atau sekitar 40 ribu rupiah/Bulan.