Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Software Desain Grafis Untuk Desainer Pemula

Dalam proses pembuatan desain, anda dapat menggunakan cara manual (menggunakan tangan), menggunakan komputer, atau gabungan dari keduannya.

Pembuatan desan grafis menggunakan komputer membutuhkan perangkat lunak (software) grafis yang tentunya membutuhkan alat bantu seperti komputer ataupun laptop.

Pemilihan jenis software desain grafis dapat di sesuaikan dengan kebutuhan atau jenis desain yang akan di buat.

Perangkat lunak grafis dapat diklarifikasikan menjadi perangkat lunak pengolah vektor, bitmap, dan tata letak (layout). 

Berikut beberapa contoh perangkat lunak yang sering digunakan sebagai alat bantu desain :

1. PAINT

Paint merupakan aplikasi yang digunakan untuk menggambar sederhana dan biasanya aplikasi ini di sediakan oleh windows mulai dari versi XP sampai dengan versi windows terbaru. 

Penggunaannya sangat mudah karena tools yang disediakan cukup lengkap dan tampilannya tergolong sangat sederhana.

Paint dapat menyimpan file dengan format file BMP, JPEG, GIF, PNG, dan TIFF serta sangat cocok untuk media belajar para pemula.

Download Paintshop Pro Disini 

2. CorelDRAW

CorelDRAW adalah editor grafik vektor yang di buat oleh perusahaan Corel Corporation yang basisnya berada di Ottawa Kanada.

Aplikasi ini merupakan software yang paling banyak digunakan oleh para desainer vektor karena gambar yang dihasilkan dianggap lebih baik dari software lainnya.

LIHAT JUGA : Cara Membuat Akun Instagram di HP

Selain itu CorelDRAW dapat mendukung format impor atau ekspor lebih banyak seperti AI (Adobe Illustrator), DWG (AutoCAD), PDF, dan sebagainnya.

Namun, untuk menjalankan CorelDRAW dibutuhkan resourse memory yang banyak sebab jika digunakan pada komputer atau laptop dengan kemampuan standar akan sangat lemot.

Hal ini karena semakin banyak fitur yang ada pada software tersebut maka semakin besar resourse memory yang di butuhkan.

3. Adobe Illustrator

Adobe illustrator adalah editor grafis vektor yang di kembangkan dan dipasarkan oleh Adobe system yang berkantor di San Jose, California.

Adobe illustrator mirip dalam ruang lingkup, pasar yang dituju, dan fungsionalitas untuk para  pesaingnya, yaitu CorelDRAW, Xara Designer Pro, da Macromedia  Freehand.

Download Free Trial

Software ini selalu memperbaru versinya yang mana setiap perbaruan versi maka akan ada tampilan dan beberapa fungsi baru yang dapat mempermudah kerja seorang desainer.

4. Inkscape

Inkscape merupakan perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas atau gratis di bawah lisensi GNU GPL.  

Anda bisa mendapatkan Inkscape melalui alamat www.Inkscape.org. Inksape dapat digunakan di beberapa sistem operasi yaitu windows, linux, Mac OS,BSD,dan sebagainya.

Perbedaan Inksape dengan perangkat lunak editor vektor lain yaitu menggunakan format SVG yang juga merupakan standar XML W3C.

Download Inkscape Disini

5. Adobe photoshop

Adobe photoshop atau biasa disebut photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe system yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. 

Perangkat lunak ini banyak di gunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga di anggap sebagai pemimpin pasar (market leader).

Untuk perangkat lunak pengolah gambar atau foto dan bersama adobe acrobat di anggap sebagai produk terbaik yang pernah di produksi oleh adobe system.

BACA JUGA :

Photoshop CS2, versi 10 adalah adobe photoshop CS (Creative suite), versi 9 adalah adobe photoshop CS2, versi 10 adalah adobe photoshop CS3.

6. 3D Studio max

3D Studio max adalah perangkat lunak komputer grafis untuk membuat animasi 3D, model, dan gambar.

Aplikasi ini di kembangkan dan produksi oleh autodesk media and Entertainment. 

Aplikasi ini telah memiliki kemampuan pemodelan, arsitektur, plugin yg fleksibel, dan dapat digunakan pada platform Microsoft Windows.

7. Adobe InDesign

Adobe Indesign merupakan software grafis keluaran adobe yang berfungsi untuk melakukan tugas pengaturan tata letak (layout).

Adobe Indesign sendiri merupakan penyempurnaan dari software adobe pagemaker dengan fitur yg lebih mudah digunakan.

Adobe InDesign juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan software grafis antara lain:

  • Permainan teks sangat mudah karena berbasis software  layout teks
  • Halaman dapat dilihat semua, dalam pengaturan layout
  • Shortcut yang hampir sama dengan adobe photoshop
  • Dalam Adobe Indesign, semua gambar yg di masukan dalam file tidak akan membebani kinerja Adobe indesign
Itulah beberapa Software yang biasa digunakan oleh desainer, baik untuk pemula atau yang sudah profesional sekalipun.