Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Broadcast Beserta Ruang Lingkupnya

Sebelum kita membahas beberapa kampus dengan jurusan broadcast di Jakarta, mari kita mengenal apa itu broadcast?

Broadcast adalah suatu proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komumilasi data dan lain sebagainnya.

Broadcast juga bisa di definisikan sebagai layanan server ke client yang menyebarkan data Kepada beberapa client sekaliagus dengan cara parallel dengan akses yang cukup cepat melalui video atau audio.

LIHAT JUGA : 8 Aplikasi Editing Video Menggunakan Handphone

Broadcast adalah cabang dari ilmu komunikasi yang berhubungan dengan penyiaran. Nah, apa itu penyiaran?

Penyiaran merupakan proses pengiriman informasi atau isi pesan dari seseorang atau produser kepada khalayak melalui proses pemancaran gelombang elektromaknetik atau gelombang yang lebih tinggi, misalnya gelombang cahaya. Proses ini dapat berupa siaran radio ataupun siaran televisi.

Selain penyiaran ada juga siaran, siaran adalah pesan atau rangkaian pesan dalam bentuk suara, gambar, atau suara dan gambar atau yang berbentuk grafis, karakter , baik yang bersifat interaktif maupun tidak, yang dapat di terima melalui perangkat penerimaan siaran.

Penyiaran pada mulanya terdiri dari pengirim sinyal telegraf melalui gelombang udara, menggunakan kode morse, sebuah sistem yang dikembangkan pada tahun 1830-an oleh Samuel F.B. Morse, fisikawan joseph henry dan Alfred vail.

 
Penyiaran televisi dimulai secara eksperimental pada tahun 1920-an dan penyebar luas Setelah perang dunia ll, dengan mengunakan VHF dan UHF.

Penyiaran satelit dimulai pada tahun 1960-an dan beralih ke pengunaan industri secara umum pada tahun 1980-an, dengan DBS ( Direct Broadcast Satellites ) yang muncul pada tahun 1980-an.

Awalnya seluruh penyiaran terdiri dari sinyal analog menggunakan teknik transmisi analog namun, pada tahun 2000-an, penyiaran berpindah menggunakan sinyal digital menggunakan Teknik transmisi digital.

Dalam pengunaan secara umum , penyiaran paling sering mengacu pada transmisi informasi dan pemerograman hiburan dari berbagai sumber Kepada masyarakat umum.

Informasi ini Setara dengan 55 surat kabar per orang per hari pada tahun 1986, dan 175 surat kabar perorang perhari pada tahun 2007.

BACA JUGA : 
Didalam broadcast biasanya ada studio, trasnmitler dan radio sebagai media broadcast.
 
Studio merupakan sistem yang cukup berperan dalam sebuah stasiun penyiaran, sebagai sub sistem yang terintergasi secara total, bagian studio memberikan andil untuk penyedia program – program regular yang bersifat berkesinabungan .

Juga sebagai tempat produksi informasi sekaligus menyiarkan, mengubah ide dan gagasan menjadi bentuk pesan yang baik gambar maupun suara.

Tranmiliter berfungsi mengantarkan gambar dan suara dari studio berupa gelombang elektromagnetik yang membawa muatan informasi untuk dipancarkan atau disalurkan melalui kabel atau serat optik.
 
Radio adalah radiasi sinyal elektromagnetik yang merambat melalui atmostfer dan atau ruang hampa.

Radiasi tersebut terbentuk Ketika objek bermuatan listrik dari gelombang carrier dimodulasi dengan gelombang audio yang pada suatu spektrum elektromagnetik.

radio terdiri dari berbagai komponen didalamnya yaitu oscillator dan mixer tuning atau lingkaran penala, penguat frekuensi menengah (MF\IF), detector , penguat suara (AF), penguat akhir, dioda serta macam -macam resistor.