Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Aplikasi Belajar Online Untuk Anak Sekolah

Ditengah wabah Virus Corona masyarakat dipinta untuk bekerja dari rumah, beribadah dirumah sampai dengan belajar dirumah.

Maka dari itu segala aktifitas belajar mengajar yang biasanya tatap muka kini mau tidak mau mulai teralihkan ke media online.

Untuk mendukung anjuran pemerintah untuk belajar dari rumah maka dari itu beberapa Startup melihat hal ini sebagai peluang untuk menciptakan teknologi pendidikan secara online baik yang bersifat gratis ataupun berbayar.

LIHAT JUGA : 10 BISNIS SUKSES DI RUMAHAN SAAT PANDEMI

Di bawah ini beberapa layanan belajar online yang populer dan biasa digunakan di Indonesia baik yang berbayar dan gratis.

1. RUANGGURU

Ruangguru banyak menyediakan berbagai macam pelatihan dari yang bersifat gratis sampai dengan yang berbayar dan memiliki berbagai macam kriteria yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Karena selain untuk pelajar Ruangguru juga menyediakan pelatihan untuk berbagai tingkat seperti untuk mahasiswa dan pekerja yang ingin menambah keahlian bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencari berbagai pembelajaran yang sesuai.

Download RuangGuru Disini

Untuk membantu program pemerintah maka Ruangguru membuka program sekolah gratis yang dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020 dari jam 08.00 sampai 12.00 WIB setiap hari Senin sampai dengan Jumat.

Metode pembelajaran berupa video layaknya belajar dengan guru membuat aplikasi ruangguru sangat digemari di Indonesia dan ditambah dengan adanya bank soal dan Try out yang dapat di kerjakan siswa.

2. ZENIUS

Tidak jauh berbeda dengan Ruangguru aplikasi berikutnya ini juga menggunakan metode pembelajaran berupa video yang dapat di download secara gratis atau berbayar sesuai kebutuhan.

Bahkan Rohan Monga selaku CEO Zenius Education menyatakan bahwa selain dapat diakses gratis, mayoritas video pembelajaran yang ada dalam format Whiteboard yang menggunakan kuota internet paling hemat.

Download Zenius

3. SEKOLAHMU

Sekolahmu menyediakan beragam materi pembelajaran yang disusun oleh sejumlah instansi pendidikan seperti Sekolah Lazuardi, Yayasan Diponegoro, Cikal, dan lainnya.

Di masa pandemi saat ini Sekolahmu membuka materi secara gratis sesuai kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah dan kalian dapat melihat sesi Sekolah Online secara gratis dengan cara live streaming di platform youtube.

Live Streaming ini dipandu oleh guru dari berbagai sekolah yang tentunya ahli dibidangnya sehingga sangat cocok untuk kalian yang ingin menambah ilmu ditengah wabah corona.

BACA JUGA:

4. KELAS PINTAR

Kelas Pintar memberikan akses gratis selama 1 bulan untuk guru dan siswa di seluruh indonesia untuk dapat mengakses berbagai macam video pembelajaran diaplikasinya.

Selain itu terdapat juga fitur lain seperti fitus Assesment yang dapat digunakan guru untuk berinteraksi dengan murid secara online sehingga pembelajaran lebih interaktif.

5. GOOGLE

Aplikasi ini tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan pelajar karena selain digunakan untuk mencari berbagai artikel atau buku pelajaran kini Google juga menyediakan Google Suite For Education.

Google Suite For Education menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan guru dan murid untuk aktifitas belajar mengajar dimanapun dan kapanpun.

Salah satu fitur yang sering digunakan adalah Classroom dimana guru dapat membuat kelas yang dapat diikuti oleh siswa-siswa dengan cara memberikan link atau alamat website yang ada dikelas tersebut.

Didalam Google Classroom Guru dapat memberikan materi berupa video, soal, penilaian, sampai dengan streaming vieo untuk mempermudah jika hendak bertatap muka secara online.

6. QUIPPER SCHOOL

Quipper School adalah platform digital gratis yang dadpat digunakan guru untuk memberikan soal dan mengelola materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa.

Meski masih belum sepopuler dengan platform lainnya Quipper School dapat dijadikan salah satu pilihan dalam memberikan materi dikala pandemi Corona saat ini.

Itulah 6 aplikasi untuk belajar online yang bisa kamu lakukan dimana saja. Semoga artikel ini bermanfaat.