Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar - Dasar Komunikasi Bisnis

Pada hakekatnya sebuah komunikasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Baik bagi individu, sosial masyarakat, maupun suatu organisasi. 

Komunikasi merupakan salah satu alat atau sarana penting dalam mencapai suatu hasil yang maksimal untuk mencapai tujuan. Sama halnya dengan komunikasi bisnis.

Pada sebuah organisasi bisnis, komunikasi merupakan sebuah elemen penting yang sangat dibutuhkan.

PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI BISNIS 

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Maka dari itu untuk berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain dibutuhkanlah suatu komunikasi agar adanya saling pengertian dan kesepahaman. 

LIHAT JUGA : Dasar - Dasar Negosiasi Bisnis

Komunikasi merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kata komunikasi apabila dilihat dari asal kata atau secara etimologis adalah dari bahasa Latin communicatus, yang bermakna ‘berbagi' atau ‘menjadi milik bersama’.

Kata komunikasi juga berasal dari kata atau istilah bahasa Inggris, yaitu communication. 

Dengan demikian makna komunikasi adalah suatu pemindahan berita, informasi, atau pesan dari pengirim pesan(komunikator) ke penerima pesan(komunikan) dengan maksud bahwa proses tersebut bertujuan untuk mencapai saling pengertian. 

Adapun menurut William C. Himstreet dan Wayne Murlin Batry, komunikasi maknanya, yaitu suatu bentuk proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang umumnya digunakan, baik melalui simbol - simbol, sinyal - sinyal, maupun dengan perilaku atau tindakan. 

 


a. Pengertian Komunikasi Bisnis.
 
Komunikasi bisnis adalah suatu  komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis baik berbentuk verbal maupun nonverbal guna mencapai tujuan tertentu. 

Selain itu, komunikasi bisnis juga meliputi suatu pengetahuan bisnis, baik internal maupun eksternal.
 
Komunikasi bisnis internal antara lain, yaitu visi dari suatu perusahaan, Rencana - rencana, strategi, budaya perusahaan, nilai-nilai, dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, ide - ide, serta motivasi karyawan.

b. Unsur - Unsur Komunikasi Bisnis 

Pada umumnya terdapat enam unsur utama yang membentuk komunikasi bisnis. Unsur-unsur tersebut sebagai berikut :
  1. Komunikasi bisnis menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang mampu dimengerti penerima dalam mengungkap pesan.
  2. Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih, yakni komunikan.
  3. Memiliki gagasan, opini, informasi, dan interaksi.
  4. Menggunakan saluran personal atau Impersonal.
  5. Memiliki tujuan yang sudah ditetapkan.
  6. Pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI 

a. Komunikasi interpersonal

Komunikasi interpersonal adalah suatu bentuk komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, dan terjadi kontak langsung dalam percakapan dan dapat pula berlangsung dengan bertatap muka atau melalui media komunikasi seperti telepon, telepon seluler, radio panggil, dan sebagainya. 

Komunikasi dapat menghasilkan perubahan sikap pada orang yang terlibat dalam komunikasi tersebut, maka komunikasi tersebut dapat dikatakan sangat efektif dan efisien.

BACA JUGA : 

Komunikasi intrapersonal adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan pada diri sendiri.

Komunikasi ini berfungsi untuk meningkatkan kematangan berfikir sebelum mengambil suatu keputusan, memahami dan mengendalikan diri, mengembangkan kreativitas imajinasi, serta mampu menjadikan seseorang agar tetap sadar akan kejadian dilingkungan sekitarnya.

c. Komunikasi kelompok

Komunikasi kelompok menurut Michael Burgoon adalah suatu bentuk interaksi tatap muka antara tiga orang atau lebih dengan tujuan untuk berbagi berita, informasi, atau pemecahan masalah.

d. Komunikasi massa

Komunikasi massa adalah suatu proses ketika suatu organisasi memproduksi dan menyebarkan pesan kepada masyarakat secara luas. 

Komunikasi massa ini fungsinya untuk mengumpulkan dan menyimpan data, fakta, pesan, opini, dan komentar sehingga orang bisa mengetahui keadaan yang terjadi di luar dirinya.